Waktu saya lihat ulang film Realita Cinta Rock & Roll saya jadi teringat tentang film TransAmerica yang dimainkan oleh mantan artis cilik Kevin Zeger (as Toby) dan artis Desperete Housewives Felicity Huffman (as Bree). Film tersebut mendapat tiga penghargaan kalo nggak salah…

Begini, ada apa dengan dua film tersebut? dua2nya mengisahkan tentang seorang ayah yang mengubah dirinya menjadi seorang wanita alias transseksual untuk alasan tertentu. Di dua cerita tersebut, kedua Ayah mempunyai anak laki2 yang bisa dibilang badung bin bengal. Cuma bedanya, kalau di transAmerica kenakalan si Anak digambarkan lebih liar. Hal ini mungkin disesuaikan dengan kultur dan batasan tabu versi timur dan barat terutama proses pembuatan film dan juga realitas di dunia itu sendiri.

Saya sangat terkesan dengan film TransAmerika, Kenapa? karena menggambarkan pelik kehidupan warga Amerika yang mengaggungkan kebebasan dan keburukan perlakuan segelintir warganya dengan keindahan alam amerika itu sendiri. Si Anak (Toby) mencari jati dirinya sepeninggal Ibunya, sementara ia tak tahu menahu keberadaan si Ayah sejak Bayi. Serta merta, Toby kecil pun tumbuh menjadi anak kesepian yang butuh kasih sayang orang tua, hidup serba kekurangan sehingga menghalalkan segala cara untuk menghidupi dirinya. Mulai dari menjual narkoba sampai menjadi gigolo. Toby juga tidak tahu kalau wanita yang mengeluarkannya dari penjara dan mengaku sebagai misionari gereja adalah ayahnya yang hendak operasi kelamin. Mulailah mereka (ayah dan anak) melintasi New York sampai Los Angeles. Dan akhirnya si toby tahu juga kalau wanita yang awalnya laki2 tersebut adalah ayahnya setelah Toby MenFrenchkiss Ayahnya sendiri.

Bisa dibilang, si anak cuma korban dari perlakuan nyeleneh orang tua. Tanpa pikir lagi, si Orangtua tidak melihat apa dampak yang akan diterima si Anak. Kalau di TransAmerica, dampaknya lebih kentara, si Anak jadi ikut2an whoopsie. Memang, setiap orang punya hak untuk melaksanakan apa yang ia inginkan. Tapi, yah kita kan nggak tahu apa dampak kedepannya.

Amerika yang mereka sendiri ,menyebut dirinya sebagai si Polisi dunia dalam dunianya sendiri ia kadang polisi yang pantas buat masyarakatnya, kadang brutal pada masyarakatnya sendiri di tengah keindahan alamnya. Dalam gambaran film2 Amerika, hidup tidaklah mudah (memang) apalagi di Amerika untuk menjadi artis terkenal saja harus melakukan segala cara untuk terkenal, tampil tanpa busana merupakan salah satu gambaran betapa kebebasan orang barat sangat diterima oleh masyarakat luas. Sayang di sayang tidak sama dengan keindahan alamnya. Satu lagi, kok kesannya Film Realita Cinta ‘Rock And Roll’ (RCRR) ngikutin film TransAmerica (TA) ya? TA di realease pada Desember 2005, smentara beberapa bulan kemudian tepatnya bulan Februari film RCRR release di Indonesia. Apa mungkin cuma kebetulan saja yah???

But, anyway those movie learn me about something that familyrealita-cinta-dan-rock-and.jpg is important too us.

2005_transamerica.jpg

Iklan