ciluk bak !!!

Pernahkah anda merasakan kehadiran penggoda yang paling tua usianya. Mereka adalah mahkluk yang dipuja sekaligus dibenci, adalah Setan dan kerabat-kerabatnya. Mereka menggoda dimana saja kita berada, saat termenung, tertawa, marah, menangis dan semua luapan emosi. Yah, Setan Cs dalam agama selalu disebut-sebut sebagai musuh yang nyata bagi para manusia. Saya sebagai muslim yang pengetahuan agamanya masih minim pun akan merasakan godaan mereka dimana saya berada.

Bagaimana kalau kita sebut mereka dengan Gosh cs ? Lebih seru ketimbang setan cs. hehe

Kita identik dengan drama-drama dan sandiwara Gosh cs setiap hari, sebagai pengamat media yang juga masih ngepas ilmunya, gosh drama menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Mereka selalu menjadi buah bibir penonton setia kotak bewarna yang menciptakan MEJIKUHIBINIU itu. Mendongkrak rating yang di dewa-dewakan oleh para pemodal media televisi. Bukan ingin sok tau, tapi saya hanya ingin berkelakar dengan gosh drama yang bias saja saya sebut lingkar setan. Ah, setan lagi, setan lagi…

Bagi orang awam, mahkluk yang satu ini sangat menyeramkan, digambarkan bisa menjadi mesin pembunuh manusia layaknya terminator. Apalah namanya, kita bisa lihat mereka di ‘Tusuk Jelangkung, filmnya Bang Bokir dan Susana kalau nggak salah Beranak dalam kubur, Malam Jumat Kliwon’. Kalau di Luar negeri kita tak awam dengan Film Heroes, Supenatural, Charm yang jagowan dan jagowatinya keren-keren dan sakti-sakti.

Bagi para manusia super inderawi yang punya indera keenam, mereka Gosh cs adalah mahkluk yang bisa disuruh-suruh layaknya asisten pribadi dan teman sepermainan. Kalau di film kartun, pasti tak asing lagi dengan istilah Casper yang body-nya mirip karung beras, Genie in the bottle dengan jin-nya yang super genit dan suka komat-kamit, jinni oh jinni mahkluk seksi yang kesemsem pada perjaka ting-ting. Selain itu ada mbak Yul dengan tuyulnya yang tobat dan jadi uberan tuyul lainnya karena dalam kamus there’s no good Tuyul –nya itu.

Nah, kalau yang satu ini Gosh cs diubrek-ubrek, diuber, dibuang, dikurung dalam sebuah botol murahan atau dikurung dengan mesin elektrik canggih supaya tidak mengganggu kehidupan manusia. Oleh para Jawara sakti mereka didokumentasikan dalam ‘pemburu hantu, ekspedisi alam gaib, fenomena, Aneh tapi nyata, dsb, yang mirip dengan serial gosh busters.

Untuk para produser dan sutradara, gosh cs layaknya komoditi paling diminati dan tiada duanya. Mereka sumber uang, biasanya produser menyangkan opini dan peristiwa yang dianggap heboh oleh masyarakat sekitar tentang kehadiran mahkluk gaib tersebut. Contoh paling keren adalah serial pendek hidayah dan sejenisnya yang bercerita tentang penunggu lilin dan IBAB TEPEGN (baca dibalik), Azab piara tuyul atau genderuwo, yah pokoknya sejenis itu.

Masih berkaitan dengan hal diatas, bayangkanlah bila diri anda bagai angin yang tak kasat mata melihat segala sesuatu peristiwa yang bewarna-warni.

Saat itu, saat angin berhembus menghiasi senja yang akan turun dan burung-burung kembali keperaduan pada malam hari. Satu persatu manusia menutup tirai rumahnya, mulai memanggil setan-setan kecil dari layar televisi.

Angin mendengar gelak tawa, teriakan kengerian dicampur tangisan. Angin hanya saksi bisu yang hanya dapat bicara pada Tuhannya. Ketika mereka memanggil casper, Jini oh jinni mereka tertawa terhibur dengan keberadaan mereka yang penuh komedi. Lalu angin melewati sepasang kekasih sedang berdekapan di sebuah ruang dingin gelap hanya mereka berdua yang sedang asik menikmati Tusuk Jelangkung. Lalu ada anak yang takjub melihat sebuah pertunjukan menarik tentang jawara yang melukis dengan mata tertutup mahkluk tak jelas rupanya, menyebalkan bagi yang melihatnya. Sang Penjaga malam, saat itu sedang ronda dengan kawan-kawannya menghina-dina pembawa dosa yang nekat jadi IBAB TEPEGN. “Mampus, biar tau rasa, makanya cari uang yang halal” kata mereka mengomentari layar.

Kenapa saya menulis tulisan ini? Haha, alasannya hanya teringat salah satu sosok yang saya hormati saat saya masih kuliah. Beliau adalah salah satu Direktur Departemen Komunikasi dan Informatika. Namanya Bapak Udi Rusady, ia salah satu dosen favorit saya yang mengajari saya menelaah ilmu tanpa hitungan statistika. Kami sedang membicarakan masalah mitos, Mitos masa kini. Mitos yang dianggap bukan bualan saja tapi merupakan refleksi dari pemahaman seseorang tentang kejadian yang menjadi sejarah bagi seseorang itu.

Buat Pemikir asal Prancis Roland Bartez yang mengembangkan teori dari Ferdinand de Sausure dan yang menyebutkan apa arti makna dan mitos itu sendiri, mitos adalah pemahaman terhadap makna yang ambigu akibat sejarah seseorang dalam menghadapi sesuatu peristiwa. Well, Gosh cs toh punya macam bentuk dan pemaknaan berbeda bagi setiap orang. Buktinya, di kotak ajaib kita, gosh cs punya daya tarik tersendiri bagi mereka kaum sinemas. Pak Udy pernah berkata dan membuat saya terkekeh, saat saya dan mahasiswa lain sibuk berdebat tentang arti mitos ‘film horor’. “Ah, dulu waktu saya kecil saya takut sama hantu dsb, tapi saya nggak pernah lihat seperti apa bentuk aslinya. Tapi pas begitu lihat Casper, hantu yang imut-imut dan baik hati saya nggak pernah takut lagi sama hantu. Coba semua hantu menggemaskan seperti Casper” Ujarnya. Ya, coba kalau semua setan seperti Casper, maka tidak ada kekerasan di dunia ini, yang ada hanya damai. (nggak mungkiiiiiinnnnn…. Hehe)

Ah, mahkluk yang satu ini memang punya beragam bentuk dan bisa mngubah diri jadi apapun. Kemarin saya lihat Setan sedang menyamar menjadi uang yang rentan dan mudah robek, meminta supaya Tn. Terhormat membawanya kearah kehancuran keluarganya yang borjuis. “ambilah daku, maka kau akankaya tidak peduli orang lain” ujar setan dalam jelmaannya. Seminggu lalu, saya lihat ia sedang menjelma menjadi seorang raja lalim seperti The King Of Mordor dalam the Lord Of The Rings membakar desa-desa dan penduduknya yang tak berdosa.

Sebulan lalu, saya bertemu dengan setan yang menjelma menjadi ibu-ibu yang gemar memperbincangkan keburukan orang lain. Ah, saya menjadi salah satu yang ikutan tergisipi dan menggosipi. Lalu, saya dengar cerita 1400 tahun kalau si Ifrit sedang menggoda Nabi tercinta yang akan jalan-jalan ke akhirat. Dan ribuan tahun lalu, saat salah satu dari mereka rela tunduk pada Raja Sulaiman membawakan istana ratu Balqis.

Ah, Gosh cs… saya tak bisa begitu saja lepas darimu, lepas dari tipu dayamu, dari kemarahanmu terhadap TUHAN mu, saya sering mengikutimu layaknya anak mengikuti Spider man yang dipuja-puji. Kami memanggilmu ke dalam sebuah kotak dengan layar yang bergerak, kau kusuruh melaporkan semua peristiwa tentang duniamu. Sampai semua manusia hampir kesetanan.

Ya, kesetanan, drama setan tentang pemerintah yang tukang korupsi, drama setan tentang ingar bingar dunia bebas, nikmatnya penjajahan manusia kepada manusia lain. Penjajahan wilayah penuh emas cair yang mengotori udara dan orang-orang sedunia berkoar-koar tentang global warming. Tak ada habisnya saya menceritakan kejelekan dirimu setannnn…..

Home Sweet Home

Iklan